Wednesday 1 April 2015

Tango Dilema dan Derita (Babak 2)

Di antara barang-barang yang berserakan dan lantai kotor dengan ranjau tajam, aku berjalan menghampirinya. Mata pisau tajam yang menatap dadaku tak jadi penghalang bagiku. Kusingkirkan pisau berdarah itu dari tangannya yang tegang, tak peduli walau mungkin aku terancam untuk diserang. Aku tetap kepala batu dan mendekatinya dalam sunyi.

Dia mendesis dalam keperihan saat kusentuh tangan kasarnya yang penuh goresan dan luka. Sekali lagi ku sentuh tangannya itu dengan lembut, kubasuh dengan air dan doa. Dia masih menunduk, menyembunyikan wajahnya yang kasar berlumur darah dan keringat. "Lihat aku", ucapku padanya. Masih sambil membasuh kedua tangannya yang melemah, aku mencoba bicara padanya, walaupun ia masih belum mau melihat mataku. "Kenapa kamu melakukan ini?" Tanyaku padanya. Namun yang kudapat haanya kesunyian yang berlarut-larut.

Mungkin pertanyaanku terlalu blak-blakan dan dia sendiri sepertinya juga masih berusaha mencari ketenangan. Menyadari hal tersebut, aku segera mengeringkan tangannya, juga tanganku usai membasuh luka di kedua tangannya. Dengan sangat hati-hati, aku menyisir rambutnya yang berantakan dengan jemariku sambil perlahan sesekali aku mengelus kepalanya yang masih menunduk itu. Wajahnya yang pucat dan penuh torehan lama-lama terlihat jelas dibawah cahaya lampu kamar setelah helai demi helai rambut yang menutupi wajahnya kusingkirkan dengan jemariku.

Sungguh suatu pemandangan yang tidak pernah aku harapkan tapi harus aku hadapi. Hatiku bagai dikoyak, nafasku memberat, kantung air mataku memberat, berontak untuk mengalir. Bukannya aku kasihan atau iba, aku heran, bingung dan tak kuasa menahan air mata karena tak tau beban macam apa yang ia pendam dan tak bisa berbuat apa-apa. Sepenasaran apapun diriku, aku enggan bertanya, tak ingin pertanyaan-pertanyaanku malah makin menghantuinya dengan kepedihan.

Aku masih tidak tau perasaan apa yang ia pendam. Kesedihan apa yang selama ini ia tanggung sendiri? Rasa sakit yang seberat apa hingga ia melakukan semua ini pada dirinya? Aku tidak tau, mungkin tidak akan pernah tau. Aku penasaran, tapi tak berdaya.

Mungkin memang pertanyaan dan kata-kata mutiara bukanlah hal yang ia butuhkan. Dia hanya butuh pendengar dan kenyamanan. Paling tidak dengan begitu dia menjadi lebih tenang.

Maka, segera kubuang jauh-jauh serakah dan curiga seraya aku mengelus kepala hingga punggungnya, dan memeluknya dalam keheningan. Telinga siaga mendengar, mulut terkunci, hati merangkul, dan pikiran terbuka.

Mungkin aku memang tidak tau, tapi paling tidak aku ada untuknya. Aku bersedia menjadi rumah yang menjadi tempat ia mengistirahatkan dirinya dari segala penderitaan yang ia tanggung, dan jika Tuhan mengizinkan, biarlah aku mencabut segala derita itu darinya, buang jauh-jauh tanpa harapan akan kembali.

Tapi untuk saat ini, biarkan dia dalam pelukan badanku dan hatiku, dalam damai, kesunyian, dan kasih sayang.

- Arjen L. Melkior

No comments:

Post a Comment